Kamis, 07 Agustus 2014

(Bab 16) MENJELANG AKHIR ZAMAN

16
MENJELANG AKHIR ZAMAN
Yudas 1:17-23

(17)Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus.

(18) Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka."

(19)Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

(20) Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

(21) Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

(22) Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,


(23) selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

BANGUNLAH DAN BERDOALAH:
Mari kita terjemahkan Yudas 20-23

Saudaraku yang kekasih,
1)      BANGUNLAH dirimu sendiri diatas dasar imanmu   yang paling suci dan
2)      BERDOALAH dalam Roh Kudus.
3)      PELIHARALAH dirimu dalam kasih Allah.
4)      TUNJUKKANLAH belas kasihmu kepada mereka yang ragu,bimbang, dan yang tersesat.
5)      SELAMATKANLAH mereka dengan jalan merampas mereka dari api siksaan.
6)      BENCILAH segala tingkah langkah mereka yang telah dicemari oleh keinginan-keinginan dosa.
7)      BERITAKANLAH Injil keselamatan kepada mereka
agar  merekapun beroleh kasih karunia Allah.
Uraian dari Yudas 20-23

Menjelang akhir zaman
akan tampil pengejek-pengejek
yang akan hidup menuruti hawa nafsu
kefasikan mereka.
Mereka adalah pemecah belah
yang dikuasai hanya oleh
keinginan-keinginan dunia ini
dan yang hidup tanpa
Roh Kudus.

AKHIR ZAMAN
Daniel 12:1-3

(1)        Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang mendampingi anak-anak bangsamu; dan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang di dapati namanya tertulis dalam kitab itu.
(2)        Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun, sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian Yang kekal.
(3)        Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang, tetap untuk selama lamanya.

Pada akhir zaman akan muncul Malaikat Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi umat pilihan Allah;  dan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Iblis berkuasa/antikris.  Tetapi pada waktu itu bangsamu yaitu orang-orang percaya akan terluput, yakni barangsiapa yang di dapati namanya tertulis dalam kitab kehidupan itu. Dan banyak dari antara orang-orang  yang telah mati akan dibangkitkan,  sebagian untuk mendapat hidup yang kekal, sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian Yang kekal. Orang-orang kudus mendapat hidup yang kekal dan orang-orang berdosa mengalami kehinaan dan kengerian yang kekal. Dan orang-orang bijaksana di muliakan  dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran di tinggikan,  tetap untuk selama-lamanya.

AKHIR ZAMAN
Daniel 12:1-3

(1) Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang mendampingi anak-anak bangsamu;
Pada akhir zaman akan muncul Malaikat Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi
umat pilihan Allah.
 dan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu.
 Karena  ada kesesakan besar. Iblis berkuasa/antikris
Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang di dapati namanya tertulis dalam kitab itu.
Dan hanya orang yang namanya tertulis dalam kitab kehidupan yang akan terluput
(2) Dan banyak dari antara orang-orang yang telah tidur di dalam debu tanah, akan bangun,
Orang-orang mati akan dibangkitkan
sebagian untuk mendapat hidup yang kekal,
Orang-orang kudus
sebagian untuk mengalami kehinaan dan kengerian Yang kekal.
Orang-orang berdosa
(3) Dan orang-orang bijaksana akan bercahaya seperti cahaya cakrawala,
Orang-orang bijaksana di muliakan
dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran seperti bintang-bintang,
Yang banyak telah menuntun orang kepada kebenaran di tinggikan, tetap untuk selama-lamanya.

PEMBERITAHUAN TENTANG PENGHAKIMAN
Wahyu 14:6-13

MALAIKAT PERTAMA:
 (6) Dan aku melihat seorang malaikat lain terbang di tengah-tengah langit dan padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,
padanya ada Injil yang kekal untuk diberitakannya kepada mereka yang diam di atas bumi dan kepada semua bangsa dan suku dan bahasa dan kaum,

(7) dan ia berseru dengan suara nyaring: "Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia yang telah menjadikan langit dan bumi dan laut dan semua mata air."
Malaikat pertama berseru dengan suara nyaring:
Takutlah akan Allah dan muliakanlah Dia, karena telah tiba saat penghakiman-Nya, dan sembahlah Dia

MALAIKAT KEDUA:
(8) Dan seorang malaikat lain, malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya."
Malaikat kedua, menyusul dia dan berkata: "Sudah rubuh, sudah rubuh Babel, kota besar itu, yang telah memabukkan segala bangsa dengan anggur hawa nafsu cabulnya."

MALAIKAT KETIGA:

(9) Dan seorang malaikat lain, malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau
seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,
(10) maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.
Malaikat ketiga, menyusul mereka, dan berkata dengan suara nyaring: "Jikalau seorang menyembah binatang dan patungnya itu, dan menerima tanda pada dahinya atau pada tangannya,maka ia akan minum dari anggur murka Allah, yang disediakan tanpa campuran dalam cawan murka-Nya; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di depan mata malaikat-malaikat kudus dan di depan mata Anak Domba.

(11) Maka asap api yang menyiksa mereka itu naik ke atas sampai selama-lamanya, dan siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya."
Siang malam mereka tidak henti-hentinya disiksa, yaitu mereka yang menyembah binatang serta patungnya itu, dan barangsiapa yang telah menerima tanda namanya."

(12) Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.
Yang penting di sini ialah ketekunan orang-orang kudus, yang menuruti perintah Allah dan iman kepada Yesus.


(13) Dan aku mendengar suara dari sorga berkata: Tuliskan: "Berbahagialah orang-orang mati yang mati dalam Tuhan, sejak sekarang ini." "Sungguh," kata Roh, "supaya mereka boleh beristirahat dari jerih lelah mereka, karena segala perbuatan mereka menyertai mereka."


HUKUMAN YANG TERAKHIR
Wahyu 20:11-15

(11) Lalu aku melihat suatu takhta putih yang besar dan Dia, yang duduk di atasnya. Dari hadapan-Nya lenyaplah bumi dan langit dan tidak ditemukan lagi tempatnya.
(12) Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
(13) Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
(14) Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
(15) Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.


Dan setiap orang
yang tidak ditemukan namanya
tertulis di dalam kitab kehidupan itu,
ia dilemparkan ke dalam
lautan api itu. 

BERPEGANGLAH
PADA PERINTAH-PERINTAH-NYA
Pengkhotbah 12:13-14

Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang.
Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. Wahyu 3:5


Sebab kita semua harus
menghadap takhta pengadilan Kristus,
supaya setiap orang memperoleh
apa yang patut diterimanya,
sesuai dengan yang dilakukannya
dalam hidupnya ini,
baik ataupun jahat.
2 Korintus 5:10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar