Rabu, 06 Agustus 2014

(Bab 15) DOSA DALAM JEMAAT

15
DOSA DALAM JEMAAT
1Korintus 5:1-5
(1) Memang orang mendengar, bahwa ada percabulan di antara kamu, dan percabulan yang begitu rupa, seperti yang tidak terdapat sekalipun di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, yaitu bahwa ada orang yang hidup dengan isteri ayahnya.
(2) Sekalipun demikian kamu sombong. Tidakkah lebih patut kamu berdukacita dan menjauhkan orang yang melakukan hal itu dari tengah-tengah kamu?
(3) Sebab aku, sekalipun secara badani tidak hadir, tetapi secara rohani hadir, aku--sama seperti aku hadir--telah menjatuhkan hukuman atas dia, yang telah melakukan hal yang semacam itu.
(4)  Bilamana kita berkumpul dalam roh, kamu bersama-sama dengan aku, dengan kuasa Yesus, Tuhan kita,
(5 ) orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.
Orang kudus yang jatuh dalam dosa, tubuhnya diserahkan kepada iblis, namun rohnya diselamatkan.
LIHAT PERBEDAAN ANTARA:

1Korintus 5:1-5          Kasih Karunia (rohnya diselamatkan)
Imamat 20:11             Hukum Taurat (keduanya dihukum mati)
Galatia 6:8
Hukum Taurat:
Bila seorang laki-laki tidur dengan seorang isteri ayahnya, jadi ia melanggar hak ayahnya, pastilah keduanya dihukum mati, dan darah mereka tertimpa kepada mereka sendiri. Imamat 20:11
Kasih Karunia:
Sebab barangsiapa menabur dalam dagingnya, ia akan menuai kebinasaan dari dagingnya, tetapi barangsiapa menabur dalam Roh, ia akan menuai hidup yang kekal dari Roh itu. Galatia 6:8

BERBUAT DOSA,
MELANGGAR HUKUM ALLAH
1Yohanes 3:4-6
(4) Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.
(5) Dan kamu tahu,bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.
(6) Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.

ADA DOSA YANG MENDATANGKAN MAUT;
ADA DOSA YANG TIDAK MENDATANGKAN MAUT
1 Yohanes 5:16-21
(16)“Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa.
(17) Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.
(18) Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan sijahat tidak dapat menjamahnya.
(19) Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada dibawa kuasa sijahat.
(20) Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal yang benar; dan kita ada di dalam yang benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal.
(21) anak-anakku, waspadalah terhadap segala berhala.”

SENGAJA BERBUAT DOSA
Ibrani 10: 26-29

(26) Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
(27) tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.
(28) Jika ada orang yang menolak hukum musa, ia dihukum mati tanpa belas kasihan atas keterangan dua atau tiga orang saksi.
(29) Betapa lebih beratnya hukuman yang harus dijatuhkan atas dia, yang menginjak-injak Anak Allah, yang menganggap najis darah perjanjian yang menguduskannya, dan yang menghina Roh kasih karunia ?.

DOSA YANG TIDAK MENDAPAT AMPUNAN
Markus 3:28-29
(28) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan.
(29) Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."

DOSA YANG MENDATANGKAN MAUT:

Penyembahan berhala, menduakan Allah/perzinahan rohani, durhaka/murtad, sengaja berbuat dosa untuk mencobai Tuhan, menghina dan menolak Roh kasih karunia.

Perbuatan-perbuatan kita akan mengikuti kita ke dalam kekekalan. Memang hidup kekal itu adalah sebuah pemberian Cuma-Cuma dari Allah dan tidak dapat di usahakan. Tetapi, balasan dan upah yang akan kita terima itu akan sesuai dengan perbuatan-perbuatan kita. Upah setiap orang tidak akan sama. Semua pengorbanan yang kita berikan kepada Tuhan dengan tulus hati akan mendapat balasan yang luar biasa
“........karena segala perbuatan mereka menyertai mereka.” Wahyu 14:13

JANGAN BERBUAT DOSA 
(1) Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
(2) Dan Ia adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia.
(9) Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan. 1Yohanes 2:1-2,9

DOSAKU KUBERITAHUKAN KEPADAMU

Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: "Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku," dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Mazmur 32:5

TIDAK BERBUAT DOSA LAGI
Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya. 1Yohanes 3:9-10

HIDUPLAH DI DALAM KASIH.
 Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah.Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Efesus 5:1-3

HENDAKLAH HATIMU
MELIMPAH DENGAN SYUKUR

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita
karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.
Hendaklah kamu berakar di dalam Dia
dan dibangun diatas Dia,
hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman
yang telah diajarkan kepadamu,
 dan hendaklah hatimu melimpah
dengan syukur.
Kolose 2:6-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar